Jumat, 07 April 2017

Latar Belakang PEMBANGUNAN MASJID AL UKHUWAH


Pengertian masjid secara bahasa  yaitu tempat bersujud, jadi secara bahasa setiap apa yang engkau jadikan tempat sujud maka itulah yang disebut dengan masjid, namun secar syar'i masjid memiliki dua pengertian yaitu engertian secara umum dan pengertian secara khusus.
Secara umum yaitu bahwa seluruh muka bumi ini dapat dikatakan sebagai masjid karena disitulah engkau bersujud selama tempat terebut diprbolehkan untuk dijadikan sebagai tempat sujud mksudnya adalah tempat tersebut telah memenuhi syarat kesucian dan beberapa tempat yang engkau dilarang untuk sujud diatasnya. sebagaimana Rasulullullah bresabda :
Telah dijadikan untukku seluruh muka bumi ini sebagai tempat bersujud  dan sebagai alat untuk bersuci. (Muttfaq Alaih).
Sedangkan makna masjid secara khusus yaitu sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat untuk berdzikir, sholat dan segala jenis badah kepada Allah subhanahu wa ta'ala sebagaimana Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda : 
Masjid-masjid itu adalah hanyalah dibangun untuk berdzikir kepada Allah azza wajalla sholat dan membaca Al-qur'an. (Hr. Muslim)
Pada masa Rasulullah shallallahu walai wasallam, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tepat sholat dan berdzikri saja akan tetapi sejarah memberikan fakta bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasalllam menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat islam khususnya di madinah yaitu masjid nabawi. kegiatan-kegiatan masyarakat tersebut misalnya :
  • Sebagai tempat ibadah
  • Sebagai tempat konsultasi perihal mu'amalat (sosial ekonomi)
  • Sebagai pusat pendidikan dan pengajaran ummat  
  • kegiatan perawatan dan pengobatan setelah pulang dari perang
  • Sebagai tempat konsultasi dan peradilan
  • Sebagai tempat penyelesaian sengketa dan perdamaian
  • Bahkan masjid adalah sebagai tempat musyawarah penyusunan strategi dan latihan perang.
Maka sudah seharusnya masjid dizaman kita difungsikan sebagaimana Baginda Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam memfungsikannya, dengan menjadikan beliau sebagai suri tauladan. oleh karena itu masjid harus memiliki kriteria-kriteria tertentu untuk mendukung seluruh kegiatan keummatan. 
Kriteria masjid tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu kriteria infra sturktur masjid dan manajemen masjid. kriteria infra sturktur masjid misalanya
  • Luas masjid harus memiliki kapasitas yang dapat menampung seluruh anggota masyarakat dillingkungannya.
  • Masjid memiliki ruang-ruang khusus untuk kegiatan tersebut diatas misalanya ruang perpustakaan, ruang poliklinik, ruang auditrorium sebagai tempat untuk bermusyawarah dan kosultasi.
  • Masjid harus didesain agar tidak bercampur antara laki-laki dan perempuan.
Dengan demikian masjid membutuhkan pengelolaan dan manajemen yang baik dari pengurus masjid atau ta'mir masjid, agar masjid dapat berfungsi dengan maksimal, nyaman dan tenang dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan ummat.
Melihat kondisi warga Perum Harmoni Kota yang 90 % beragama Islam dan sampai saat ini belum memiliki masjid yang sebagai sarana ibadah yang resprentatif, maka pendirian Masjid Al Ukhuwah Perum Harmoni Kota merupakan sebuah keniscayaan bagi segenap umat Islam. Upaya awal kami sudah membuahkan hasil berupa disetujuinya tanah fasum utama oleh pihak developer untuk dibangun sarana ibadah berupa masjid. Langkah kami berikutnya adalah menghimpun dukungan dari segenap umat Islam demi tewujudnya sarana ibadah berupa masjid di lingkungan perumahan Harmoni Kota Sidoarjo. Oleh karena kondisi tersebut di atas kami berharap kepada semua pihak yang berkompeten dibidangnya untuk berkenan memberikan perhatian sepenuh hati dan berpartisipasi dalam pembangunan Masjid Al Ukhuwah Perum Harmoni Kota.

Pembangunan masjid ini sekurang-kurangnya membutuhkan dana Rp. . 768.446.540,00 ( Tujuh ratus enam puluh delapan juta seratus lima puluh ribudua ratus delapan puluh lima rupiah) sebagaimana rincian terdapat pada poin "Rencana anggaran biaya pembangunan".
Share:
Lokasi: Durungbedug, Candi, Sidoarjo Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe dan Follow Kami

Dapatkan Update Terbaru Masjid Al Ukhuwah ke Email Anda,
1. masukkan Alamat Email Anda pada form dibawah ini
2. lalu klik link konfirmasi yg masuk di email Anda:


Like Fanspage kami di Facebook, klik tombol Suka dibawah ini: Beritahukan ke teman Anda, Klik LIKE dan SHARE:
Facebook   Instagram Telegram Website

Ikuti Via Email

DAPATKAN UPDATE VIA EMAIL:
1. Ketikkan Alamat Email Anda
2. Cek Email & Buka Email dari kami
3. Klik Link Konfirmasi di Email Itu

Like, Share, & Comment